Tuesday, July 15, 2008

Makan dan Menjadi Berkat

Berapa berat badan anda saat ini? Menurut anda sudah ideal atau anda merasa terlalu gemuk untuk dapat mengenakan baju yang ukurannya lebih kecil? Mungkin juga anda sedang berpikir untuk menambah berat badan anda supaya kelihatan lebih padat berisi? Banyak orang di berbagai penjuru dunia mengejar bentuk tubuh yang ideal. Karena menurut mereka dengan bentuk tubuh yang ideal dan menjaga kondisi tubuh tetap bugar orang akan tetap sehat dan panjang umur. Selain itu, produk-produk kesehatan, kecantikan tumbuh subur dan memiliki pasar yang besar.
Alkitab justru menilai dengan sudut pandang yang berbeda dari dunia. Kesehatan bukan berawal dari makanan yang kita jaga jumlah dan kandungan gizi di dalamnya. Tetapi berawal dari makanan (dan minuman tentunya) yang diberkati Tuhan. Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu. Keluaran 23 : 25
Bagaimana cara menjaga kesehatan dengan makanan yang diberkati?

Makan dengan alasan yang tepat

Apakah anda menikmati sarapan pagi atau makan siang anda hari ini? Apakah itu makanan sehat? Makanan apa saja yang anda hindari untuk tidak mengkonsumsinya? Kenapa anda berusaha makan makanan sehat? Salah satu kebutuhan dasar makhluk hidup adalah makanan. Makanan adalah sumber tenaga bagi makhluk hidup untuk dapat melanjutkan aktifitas mereka. Dan Tuhan pun memberikan makanan kepada ciptaanNya. ( Kej. 1:30, Mat 6:26). Tubuh kita adalah persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah ( Rom 12:1). Namun persembahan itu tidak ada artinya jika terdapat cela bdk. Kel 12:5. Alasan kita makan makanan sehat seharusnya bukan untuk mengejar bentuk tubuh yang ideal. Tetapi untuk menghormati Tuhan dengan tubuh yang kita jaga. Bukankah tubuh kita adalah bait Allah dimana Allah diam di dalam kita 1 Kor 3:16-17

Makan dengan cara yang tepat
Mungkin menu anda siang hari ini, hanya makan siang sederhana yang anda bawa dari rumah. Bukan dari restoran yang terkenal di kota anda. Atau mungkin juga anda menikmati makan siang di warung pinggir jalan. Itu tak jadi soal.
Makan dengan cara yang tepat bukan berarti makan di sebuah restoran yang mahal tiap hari. Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu! Amsal 23:2.
Makanan yang diberkati tidak akan mendatangkan penyakit apapun. Karena berkat Tuhan bagi orang percaya bukan penyakit tetapi kesembuhan.
Bagaimana anda menikmati makanan yang menjadi berkat anda?